Cara Mengundang Gnome di Dekat Rumahmu

Siapa yang suka baca karya-karya J.R.R. Tolkien? Pasti tau tentang Gnome. Yak, Gnome ini adalah legenda umum di negara-negara Skandinavia dan Rusia. Umumnya digambarkan sebagai makhluk kerdil lemah lembut yang tinggal di sekitaran kebun, Gnome dikenal berbentuk kakek tua berjenggot tebal dengan topi kerucut, dan di Eropa sana umumnya menjadi patung hiasan kebun.

Gnome sendiri dalam legenda dikenal sebagai penjaga tanah dan logam berharga. Gob, sang raja, memerintah rakyatnya dengan sebuah pedang sihir dan bisa mempengaruhi mood para penghuni rumah yang ada Gnome-nya. Makhluk ini tidak berbahaya, dan umumnya sangat pemalu sehingga sulit ditemui. Eh, tapi ada lho ritual untuk memanggil mereka!

Gnom mit Zeitung und Tabakspeife, lukisan hasil karya Heinrich Schlitt, 1923, menggambarkan gambaran umum Gnome yang kita kenal, seorang kakek tua dengan topi kerucut dan tubuh kerdil. Sepintas dilihat, mirip dengan kurcaci di kisah Snow White. Mereka juga sering kecampur dengan legenda Dwarf dan Goblin karena wujudnya yang mirip-mirip. Namun Dwarf dikenal sebagai pandai besi, sedangkan Goblin… tidak lemah lembut.


Danger Level = Harmless

What you need =

  • Sepotong cokelat apa aja.
  • Kertas yang agak tebal, gunting, dan isolasi.
  • Selimut yang cukup lebar untuk dipake ngumpet semua pemain di baliknya.
  • Beberapa teman untuk bermain bersama, namun ingat! Jumlah total peserta harus ganjil! Semua pemain harus berusia di bawah 15 tahun. Yang usianya di atas itu, mohon maaf, minggir dulu. Gnome tidak akan mau datang.
  • Rumah yang ada kebunnya.

Pingin nyoba main ritual serem, tapi takut kalo sendirian? Jangan khawatir! Klik link ini untuk mengecek arsip permainan dan ritual horor yang bisa kamu mainkan beramai-ramai, dan selamat mimpi buruk!


How to play =

  • Buat semacam topi kerucut dari kertas yang sudah kamu siapkan. Gunakan isolasi untuk menempel ujung-ujung kertas menjadi topi kerucut. Besarnya kira-kira cukup untuk menutupi cokelat.
  • Pergi ke kamar tempat kamu mau bermain. Kamar tidur juga boleh. Padamkan semua lampu dan tutup semua korden jendela.
  • Taruh sepotong cokelat di atas lantai dan tutupi dengan topi kerucut. Semua pemain harus duduk di lantai mengelilingi kerucut dengan selimut siap di tangan.
  • Gunakan selimut untuk menutupi semua pemain. Boleh pakai lebih dari satu. Selanjutnya semua pemain harus berpegangan tangan membentuk lingkaran yang tak terputus.
  • Tutup mata dan ucapkan mantra ini, “Gnom, Gnom, priyti!” (Atau kalau mau coba pake bahasa Indonesia, katakan saja, “Gnome, Gnome, datanglah!”)
  • Duduk diam dengan mata tetap tertutup beberapa menit, kemudian secepat kilat lemparkan selimut dan pukul topi kerucut dengan telapak tangan.
  • Nyalakan lampu dan periksa cokelat yang tadi kamu umpetin di bawah kerucut! Kalau berhasil, kamu bakalan melihat di ujung cokelat ada bekas gigitan kecil. Terimakasih, kamu baru saja memberikan kudapan lezat untuk para Gnome yang tinggal di kebunmu!

Dekorasi kebun berbentuk Gnome ini populer sejak tahun 1800-an dan masih banyak digunakan sebagai dekorasi kebun di belahan Eropa sana sampai sekarang, terutama di negara-negara Skandinavia seperti Jerman.

Ritual ini adalah permainan umum untuk anak-anak SD dan SMP di Rusia sana, sehingga mantranya pun menggunakan bahasa Rusia. Boleh diganti bahasa Indonesia kalau mau coba. Tidak ada bahaya yang akan terjadi baik kamu berhasil maupun gagal. Mereka adalah makhluk pemalu dan lembah lembut yang bertugas menjaga kebunmu, dan keberadaan mereka akan membuat kebunmu tumbuh subur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *