Doors to the Mind – Mengintip Labirin dalam Pikiranmu

Let’s see the most famous psychological game in the US ever! Doors to the Mind ini adalah ritual “di antara”. Di antara apa? Di antara psikologi dan supernatural. Permainan ini sangat mudah dilakukan, cocok untuk pemula karena nggak butuh banyak barang yang bikin ribet, dimainkan berdua, dan di Amerika permainan ini populer sebagai semacam “pembuka” menuju ritual-ritual lainnya yang lebih rumit dan berbahaya.


Permainan ini akan mengajakmu menelusuri relung-relung pikiranmu yang tak kamu ketahui sebelumnya.

Danger Level = Low

What you need =

  • Kamar yang nyaman dan tenang. Di kamar tidurmu juga boleh, bahkan lebih baik karena kamu sudah terbiasa nyaman tidur di kasurmu sendiri.
  • Seorang teman untuk menjadi pemandu. Lebih bagus lagi kalau si teman ini orangnya kreatif, suka ngedongeng, jago ngomong, dan suaranya berat-berat kharismatik macam Morgan Freeman.

How to play =

  • Persiapkan kamarmu dan suasana senyaman mungkin. Nyalain AC / kipas angin kalo panas, redupkan pencahayaan, nyalakan beberapa lilin aromaterapi kalau kamu suka, pokoknya apa aja untuk membuat kamu rileks serileks-rileksnya. Persiapkan juga tempat tidurmu.
  • Rileks dulu sebelum mulai. Bisa mandi air hangat dulu, minum cokelat / susu hangat, atau apapun yang membuat kondisi badan dan pikiranmu jadi nyantai dan senang.
  • Kamu harus tiduran dengan nyaman. Letakkan kepalamu di pangkuan temanmu dan posisikan supaya kalian berdua nyaman. Dialasi bantal juga boleh supaya empuk dan enak. Tutup matamu dan berusahalah kosongkan pikiran.
  • Minta temanmu untuk memijat lembut kedua sisi kanan dan kiri dahimu dengan jempol, dengan gerakan memutar searah jarum jam. Kalau gerakan temanmu membuatmu nggak nyaman, jangan ragu untuk bilang gimana caranya supaya pijatannya enak! Ini krusial untuk membuatmu memasuki kondisi “setengah sadar”. Kalau kamu sudah merasa nyaman dengan pijatan temanmu, kita bisa masuk ke langkah berikutnya.
  • Ketika kamu sudah nyaman dan berada di ambang kondisi setengah sadar, temanmu harus mulai memandumu memasuki dunia Doors to the Mind. Temanmu akan menjadi pencatat sekaligus penanya. Contoh pembuka yang bisa temanmu katakan untuk memulai proses: “Kamu berada di ujung sebuah koridor sangaaaaat panjang. Di kanan kirimu ada banyak pintu. Jelaskan apa yang kamu lihat, pegang, dan dengar.”
  • Kalau kamu sudah berhasil memasuki dunia Doors to the Mind, eksplorasi selanjutnya terserah kalian.
  • Kalau sudah merasa cukup atau kamu menemui sesuatu yang berbahaya, temanmu bisa membangunkanmu dengan cara apapun, paling gampang sih diguncang-guncang aja. Kalau kepepet, mau nyiram air atau nampar juga gak masalah, yang penting bangun.

Eksplorasi selanjutnya akan sangat tergantung dengan apa yang ada dalam pikiranmu. Pada esensinya, koridor panjang tersebut melambangkan isi pikiranmu.

Untuk membantu memahami pikiranmu sendiri setelah permainan berakhir, selalu jelaskan sedetail mungkin ke temanmu apa yang kamu lihat, pakai, pegang, cium, atau dengar. Rogoh saku celanamu dan cek barang apa yang ada di dalam sana.


TIPS AND TRICKS

TIDAK SEMUA YANG ADA DALAM PIKIRANMU ITU BAGUS. Otak manusia adalah salah satu benda paling rumit di dunia, dan mungkin juga yang paling susah dimengerti di alam semesta. Nggak ada jaminan kamu sendiri bakalan ngerti 100% apa yang ada dalam pikiranmu. Permainan ini akan memandumu untuk lebih mengenal alam bawah sadarmu sendiri, mau itu bagus atau jelek banget sekalipun. Selalu terima apa yang kamu lihat di sana dengan tangan terbuka. Kamu toh punya banyak waktu untuk instropeksi diri nantinya.

JELASKAN APAPUN YANG KAMU LIHAT DENGAN SEDETAIL MUNGKIN KEPADA TEMANMU. Jelaskan seperti apa koridor yang kamu lihat? Terang benderang? Gelap gulita? Modern? Terkesan kuno dan seram? Bagaimana dengan pintu yang kamu temui, apakah dari kayu, besi, tirai? Bagaimana kondisi ruangan yang kamu masuki? Setiap detail akan berguna untuk refleksi dirimu nanti.

KALAU KAMU MEMASUKI RUANGAN BERISI JAM, SEGERA KELUAR! Kamu bisa stuck di sana dan nggak bangun-bangun.

KALAU KAMU MEMASUKI RUANGAN BERISI SESOSOK WANITA TUA, SEGERA KELUAR! Dia bisa menarikmu untuk nggak pernah keluar lagi dari alam pikiranmu, dan dia kemungkinan besar juga bukan bagian dari otakmu, tapi penyusup dari luar…

BERHATI-HATILAH KARENA KAMU BISA SAJA TERTAHAN DI DALAM KONDISI TRANCE. Ada kisah nyata dari seorang teman yang memainkan permainan ini. Jadi dia ini masuk ke salah satu ruangan dan ketemu seseorang di dalam. Nah, oleh orang ini si teman dikunciin di dalam ruangan tersebut, dan karena nggak bisa keluar, si teman ini pun menjadi panik. Adiknya yang menjadi pemandu harus menamparnya berkali-kali sampai terbangun.

JANGAN PERNAH LAKUKAN INI SENDIRIAN. Menilik kasus di atas, kamu bisa saja nggak pernah bangun lagi kalau nggak ada teman darurat yang bisa membangunkanmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *