The Water Game – Memuaskan Salah Satu dari “Seven Deadly Sins”

Tahukah kamu tentang “Seven Deadly Sins”? (Bukan film ya, kalo itu mah silakan menuju ke Netflix untuk menonton 😅 )

Yap, Tujuh Dosa Pokok yang terdiri dari: Kesombongan (Pride), Ketamakan (Greed), Iri Hati (Envy), Kemarahan (Anger), Hawa Nafsu (Lust), Kerakusan (Gluttony), dan Kemalasan (Sloth). Walaupun Seven Deadly Sins ini tidak terdapat di dalam Akitab ayat manapun, namun mereka seringkali diasosiasikan dengan ajaran Kekristenan, di mana Seven Deadly Sins ini dianggap sebagai “dosa” atau “sifat buruk” utama yang terdapat dalam diri manusia dan harus dihindari sebisa mungkin.

Namun, semua orang pasti paham lah kalau berat banget rasanya menghilangkan sifat-sifat tersebut. Nah, bagaimana kalau ada ritual yang bisa membantu kamu memuaskan salah satu dari Seven Deadly Sins ini, supaya kamu tak perlu lagi mengalami sifat jelek tersebut seumur hidupmu?

Ritual “The Water Game” yang satu ini berasal dari Rusia, di mana Aliran Ortodhox Timur dipraktikkan secara luas di sana sejak Saint Olga, ratu dari Kievan Rus beralih ke agama Kristen setelah beralih dari Slavic paganisme. Maka, tak heran ritualnya seperti campuran antara ritual paganisme dengan Kekristenan.


The Seven Deadly Sins, erat hubungannya dengan “sifat-sifat jelek” atau “capital vices” dalam doktrin Kekristenan. Namun, unsur-unsur ritual ini sendiri banyak mengarah ke arah Paganisme.

Danger Level = High

What you need =

  • Minimal 2 peserta, maksimal 7 peserta.
  • Sebuah rumah atau gedung kosong, bisa rumah salah satu dari kalian dan yang sudah dikosongkan dari hewan peliharaan dan orang lain selain peserta terlebih dahulu, atau yang lebih disarankan, rumah terbengkalai. Idealnya tempat tersebut harus memiliki satu ruangan kosong yang bisa digelapkan total.
  • Sebuah meja.
  • Sumber cahaya sesuai selera, bisa handphone, senter, lampu teplok, atau kalau mau seremnya dobel, bisa menggunakan lilin.
  • Satu buah bathtub.
  • Sumber air. Kalau kamu memutuskan melakukan ini di rumah terbengkalai, bawa saja air satu atau dua galon.
  • Kertas dan ballpoint.
  • Gelas kaca sejumlah pemain.
  • Dua buah botol minum plastik dan ember kecil.
  • Alarm atau timer. Bisa menggunakan handphone juga kalau handphone-mu ada opsi Timer.

Preparation =

  • Tunggulah sampai jam 12 malam untuk memulai. Kamu hanya bisa memulai persiapan ritual ini di antara tengah malam sampai jam 2 pagi.
  • Pastikan rumah yang kamu gunakan sebagai ajang permainan benar-benar kosong, tidak ada hewan peliharaan atau orang lain yang bukan peserta ritual.
  • Masing-masing peserta harus mengambil selembar kertas, kemudian tuliskan nama masing-masing secara lengkap. Di bawah nama tersebut, tuliskan satu dosa dari Seven Deadly Sins di atas yang paling identik dengan kalian. Contohnya, kalau kamu orangnya pemalas, nggak mau ngapa-ngapain, suka susah bangun pagi, hobinya tidur, kamu bisa tulis SLOTH (KEMALASAN). Untuk memastikan kamu tidak salah melabeli dirimu, kamu juga bisa menanyakan ke teman-temanmu, menurut mereka apa sih kebiasaan jelekmu yang paling utama di mata mereka? Ingat, jika kamu salah menulis Seven Deadly Sins kamu atau salah menulis nama, ritual ini bisa berakibat buruk.
  • Isi gelas kalian dengan air sampai penuh NAMUN JANGAN SAMPAI MELUBER! Jika air meluber, segera lompati langkah-langkah lain dan menuju bagian Langkah Pembatalan #1 untuk langkah selanjutnya.. Isi juga ember air sampai penuh.
  • Masuklah ke ruangan gelap yang sudah disiapkan. Taruh juga meja di tengah ruangan tersebut.
  • Taruh masing-masing kertas kalian di atas meja di mana saja, kemudian taruh juga gelas masing-masing di atas kertas. Taruh ember di bawah meja. Kalau kesulitan karena gelap, bisa gunakan sumber cahaya yang kalian bawa.
  • Jika sudah selesai, keluarlah dari ruangan gelap tersebut dan kembali ke ruangan awal di mana kalian berkumpul. Sekarang, setel semua alarm ke jam 2 dan jam 3 pagi. Kalian bisa menghabiskan waktu dulu sampai jam 2 pagi tepat, kemudian di detik itu juga kalian HARUS BERBARING DI LANTAI DAN TUTUP MATA. Jangan tertidur, jangan buka mata apapun yang terjadi, dan jangan banyak gerak. Kalian bisa menggerakkan tangan dan kaki sedikit untuk menjaga supaya tidak tertidur, tetapi jangan sampe geser-geser.
  • Ketika alarm berbunyi jam 3 pagi, kalian bisa membuka mata. SEBELUM KALIAN BANGKIT BERDIRI, DIAMLAH SEJENAK DAN PASTIKAN TIDAK ADA ORANG ATAU MAKHLUK LAIN SELAIN SEMUA PESERTA DI RUANGAN TERSEBUT YANG IKUT BERBARING BERSAMA KALIAN! Jika ada, batalkan ritual dan segera menuju bagian Langkah Pembatalan #1 untuk langkah selanjutnya.. Jika tidak ada apa-apa, ritual bisa dimulai.

Ilustrasi dari The Seven Deadly Sins. Merak melambangkan Kesombongan, ular melambangkan Iri Hati, babi menggambarkan Kerakusan, kambing melambangkan Hawa Nafsu, singa melambangkan Kemarahan, siput melambangkan Kemalasan, dan katak melambangkan Ketamakan.

How to play =

  • Bersama-sama, pergilah menuju ruangan gelap tempat kalian menaruh gelas masing-masing.
  • CHECK AND RECHECK!
    • JIKA GELAS KAMU KELIHATAN SEPERTI HABIS DIMINUM SESEORANG, JANGAN LANJUTKAN. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #1 untuk langkah selanjutnya.
    • JIKA GELAS KAMU TIBA-TIBA KOSONG SEPERTI TIDAK PERNAH DIISI AIR SAMA SEKALI, JANGAN LANJUTKAN. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
    • JIKA GELAS KAMU JATUH, PECAH, ATAU HILANG, JANGAN LANJUTKAN. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
    • JIKA HANYA ADA SATU GELAS YANG TERSISA DAN SISANYA KOSONG, PECAH, ATAU HILANG, BATALKAN RITUAL. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
    • Jika ada lebih dari 2 gelas yang tersisa, ritual berhasil. Semua peserta yang gelas dan airnya utuh tak tersentuh, bisa melanjutkan ritual.
  • Jika ada lebih dari 3 peserta yang bertahan, semua peserta harus meminum air di gelas masing-masing sampai habis dan meletakkan gelas kembali di atas meja. Jika dilakukan dengan benar, semua gelas akan jatuh kecuali milik satu orang. Gelas yang tersisa inilah yang bisa melanjutkan ritual. JIKA SETELAH MINUM AIR, TIDAK ADA GELAS YANG JATUH, ATAU SEMUA GELAS JATUH TAK BERSISA, ATAU TERSISA LEBIH DARI 2 GELAS YANG UTUH, BATALKAN RITUAL. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
  • Jika hanya ada 2 peserta yang bertahan, masing-masing harus menuangkan air ke dalam plastik botol yang kalian bawa dan melemparnya ke udara. Pastikan tutupnya rapat. Peserta yang botol plastiknya berhasil jatuh duluan dalam keadaan berdiri tegak sempurna, dialah yang berhak melanjutkan ritual. JIKA ADA AIR YANG MELUBER DARI BOTOL PLASTIK, BATALKAN RITUAL. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
  • Pemain yang tersisa harus menuju bath tub dengan membawa air, gelas, dan ember. Dengan gelas, isilah ember sampai penuh, kemudian gunakan ember untuk mengisi bath tub. Pemain yang tersisa harus menggunakan air dan bath tub tersebut untuk berendam. Duduk berendam di dalam air dan tidurlah. Pemain harus tertidur SEBELUM JAM 4 PAGI. Jika lewat dari jam tersebut pemain masih terbangun, batalkan ritual. Segera menuju bagian Langkah Pembatalan #2 untuk langkah selanjutnya.
  • Jika berhasil, pemain yang tersisa akan bermimpi bertemu seorang pria yang ada di ruangan dengan meja. Di atas meja akan ada 7 gelas berisi air. 3 dari gelas tersebut akan memuaskan kebutuhan salah satu dari Seven Deadly Sins yang pemain tersebut tulis di awal. Contoh, jika pemain tersebut menuliskan GREED (KESERAKAHAN), mereka akan mendapatkan semua yang mereka inginkan dan tak perlu berbagi kekayaan mereka kepada siapapun sampai-sampai mereka tak perlu lagi merasakan perasaan serakah seumur hidupnya. Namun 4 gelas lainnya akan membunuh pemain tersebut. Hati-hati juga, CHECK AND RECHECK:
    • Jangan meminum apapun yang gelasnya bukan terbuat dari kaca.
    • Jangan meminum apapun jika PRIA TERSEBUT MELIHAT KE ARAHMU DAN MEMPERHATIKANMU.
    • Jangan lakukan apa-apa jika tidak ada gelas berisi air di atas meja. Cukup duduk dan diam saja, dan kamu akan terbangun.
  • Jika memutuskan meminum salah satu dari gelas tersebut, dan kamu memilih gelas yang benar, kamu akan terbangun. Jika kamu memilih gelas yang salah, well… kamu tak akan terbangun lagi selamanya.
  • Segera setelah itu, lakukan ritual pembersihan di area yang kamu gunakan untuk bermain. Bisa menaburkan campuran garam dan basil kering, doa-doa agama dan kepercayaan masing-masing, dan cara lain yang kamu tahu. Selamat! Kamu tinggal menunggu saja dan menikmati hadiahmu.

Lukisan ini menggambarkan Dante Alighieri, pengaram puisi epik Divine Comedy yang mengisahkan suasana neraka. Dante mengambil banyak aspek dari Seven Deadly Sins untuk mengarang puisi epik ini.

Langkah Pembatalan #1

Ambil gelasmu dan tuangkan isinya ke dalam ember. Kalau kosong atau pecah atau hilang, biarkan saja. Robek-robek kertas bertuliskan namamu menjadi 7 bagian, kemudian masukkan juga ke dalam ember. Terakhir, buang juga gelasmu (atau pecahan gelasmu) ke dalam ember. Pemain harus meninggalkan area tersebut dan jangan kembali sampai matahari terbit.

Langkah Pembatalan #2

Semua peserta harus meninggalkan area tersebut. Bawa gelas dan kertas bertuliskan nama masing-masing, buang di tempat sejauh mungkin dari tempat ritual berlangsung, dan jangan kembali sampai matahari terbit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *