Lights Out – Permainan Hidden Object Gaib Menggunakan Mati Lampu

Permainan gaib yang satu ini mirip seperti game handphone Hidden Object, tapi menggunakan lampu sebagai media penentu kemenangannya. Sistem memenangkan permainan ini mudah saja. Dua pemain akan menentukan mana objek kemenangan yang mereka pilih, mati lampu atau nyala lampu. Permainan akan berakhir ketika seluruh lampu di rumah tempat bermain mati, atau seluruhnya menyala. Seorang pemainnya adalah kamu, dan lawanmu adalah… makhluk gaib.


Jangan pernah mencoba ritual ini di kala badai…

Danger Level = High

What you need =

  • Seorang pemain: kamu. Jika kamu memutuskan mencoba peruntungan dengan permainan mati lampu ini, kamu akan disebut pemain pertama. Sebagai pemain pertama, kamu adalah pemain yang harus memulai permainan, dan kamu jugalah yang harus menentukan area permainan. Kamu juga bisa memilih kondisi kemenanganmu, apakah mati lampu, atau nyala lampu. Para pemain yang sudah pernah selamat memainkan permainan ini, menyarakan lebih baik kamu memilih nyala lampu saja, supaya kamu tidak perlu berlarian gelap-gelapan. Sebagai pemain pertama kamu juga berhak memilih lokasi di mana kamu menginginkan lawanmu, pemain kedua yang berasal dari dunia gaib, untuk memulai.
  • Pemain kedua. Pemain kedua ini harus kamu “panggil” untuk memulai permainan, di sebuah ruangan yang sudah kamu pilih. Idealnya, kamu harus memilih ruangan sejauh mungkin dari saklar lampu untuk memperbesar kesempatanmu menang. Pemain kedua ini tidak akan bisa kamu lihat langsung, namun kamu akan dapat merasakan kehadirannya, misalkan udara dingin yang tiba-tiba meniup tengkuk, atau bau buah-buahan busuk yang tiba-tiba lewat di depanmu.
  • Sebuah gedung atau rumah untuk bermain. Kamu harus memilih sebuah bangunan, apapun itu tidak masalah, namun gedung tersebut harus kosong, tanpa ada manusia lain di dalamnya, ketika kamu mau memulai permainan. Gedung tersebut harus memiliki minimal 8 ruangan. Apa saja yang memiliki saklar lampu di dalamnya, dikelilingi empat tembok dan memiliki paling tidak satu pintu, dapat dikategorikan sebagai ruangan, contohnya kamar tidur, dapur, kamar mandi, bahkan walk-in closet. Koridor dan beranda tidak akan dihitung. Rumah yang besar dengan banyak kamar ataupun gedung perkantoran dan apartemen semuanya bisa digunakan, namun tidak disarankan untuk bermain di gedung tinggi karena, well, saya tidak yakin kamu akan sanggup berlarian dalam gelap untuk menyalakan semua lampu dari ruangan lantai satu ke lantai sepuluh, misalnya. Lebih baik juga memilih arena permainan yang cukup kamu kenal, karena kamu tetap harus berlarian dalam kondisi mati lampu ketika bersaing dengan lawanmu, dan kita ingin menghindari kecelakaan tak disengaja seperti kamu kepleset atau jatuh dari tangga. Hindari juga bermain di area yang sering konslet atau mati lampu bergilir.
  • Sebuah benda milikmu yang kamu sayang, atau yang memiliki arti besar untukmu. Jangan khawatir, benda ini nggak akan dikorbankan, tapi kamu akan menggunakannya untuk memanggil lawanmu ke lokasi yang kamu inginkan.

Rumah mansion yang ukuran medium dengan banyak kamar cocok untuk memainkan ritual mati lampu ini. Pilih yang memiliki sekitar 10 – 12 kamar, untuk memudahkan kamu meraih kemenangan.

Rules of the Game =

  • Permainan hanya bisa dimulai dari jam 12 malam hingga jam 4 pagi. Semakin malam permainan dimulai, semakin kuat lawan yang akan kamu hadapi.
  • Arena permainan mati lampu harus berupa sebuah gedung tertutup dengan minimal 8 ruangan dan dengan kondisi kelistrikan yang prima. Seluruh ruangan di dalam gedung tersebut harus memiliki paling tidak sebuah lampu di dalamnya.
  • Pemain pertama harus berada sendirian di dalam arena ketika permainan dimulai. Masuknya manusia lain ke dalam arena ketika permainan berlangsung akan berakibat pemain pertama didiskualifikasi.
  • Permainan harus dimulai dengan kondisi di mana separuh jumlah ruangan di arena tersebut dalam kondisi mati lampu, dan separuhnya lagi nyala lampu. Jika ruangan berjumlah ganjil, pemain bisa melakukan lempar koin untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan kelebihan.
  • Sekali dimulai, permainan tidak akan berakhir sampai semua lampu di arena permainan mati atau nyala, tanpa terkecuali. Termasuk lampu kecil seperti lampu meja dan lampu tidur.
  • Berbuat curang akan berakibat diskualifikasi.

Jangan mencoba-coba curang atau sampai didiskualifikasi. Diskualifikasi sama saja dengan kamu kalah, dan tak ada yang tahu nasib mereka yang kalah dalam permainan ini…

Preparations =

  • Persiapkan arena sebelum memulai permainan untuk memudahkan mobilitasmu. Bersihkan lantai dan pastikan tidak ada barang-barang berserakan yang berpotensi membuatmu tersandung. Singkirkan meja dan kursi di tengah ruangan jika diperlukan, pepetkan ke tembok atau dikeluarkan sekalian. Untuk mempercepat buka – tutup pintu, kamu bisa menggunakan penghalang pintu untuk membiarkannya terbuka sehingga kamu cukup dorong saja pintunya untuk masuk. Pastikan jangan ada pintu kamar yang terkunci. Beberapa detik saja bisa sangat berharga di sini, karena lawanmu adalah makhluk gaib yang bisa bergerak super cepat.
  • Pastikan semua saklar lampu di arena bermain bekerja dengan baik dan sempurna, dan tidak ada yang konslet. Kalau bisa, jangan bermain ketika hujan lebat apalagi badai untuk menghindari mati lampu di saat permainan berlangsung.
  • Hafalkan posisi saklar lampu sehingga kamu bisa tetap menyalakannya dalam kegelapan. Jika perlu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu dengan mencoba bermain melawan teman atau saudaramu.
  • Latih fisik dan stamina. Permainan ini akan membuatmu harus berlarian kesana kemari dengan cepat dan kamu tidak punya waktu untuk ngos-ngosan di tengah permainan, atau waktu untuk berhenti istirahat dan minum dulu. Jika kamu tidak bisa bergerak dengan cepat, punya penyakit jantung atau asma atau penyakit lain yang memperlemah kondisi fisik dan stamina, lebih baik jangan memainkan permainan ini.

How to play =

  • Kamu bisa memulai permainan mati lampu ini kapan saja di antara jam 12 malam dan 4 pagi, namun disarankan kamu memulainya secepat mungkin. Para pemain yang sudah pernah mencoba permainan ini menyatakan semakin malam beranjak, semakin kuat lawan yang kamu panggil. Idealnya, permainan diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit, karena setelah itu kecepatan lawanmu akan menanjak drastis. Jika kamu suka tantangan dan pede banget sama staminamu, kamu bisa mencoba memulai permainan setelah jam 1 malam. Menurut laporan, di jam-jam ini lawanmu bisa mematikan saklar lampu ke saklar lainnya hanya dalam waktu beberapa detik saja. Rekor pemain (manusia) bisa memenangkan permainan ini paling lambat dimulai di jam 2.05 malam.
  • Kunci semua pintu dan jendela yang berhubungan dengan dunia luar untuk menghalangi siapapun itu masuk dan mengganggu permainan ketika belum selesai, karena ini bisa berakibat kamu langsung didiskualifikasi.
  • Matikan lampu di sebagian ruangan di arena permainan. Kamu bisa mengatur ruangan mana saja yang mati lampu atau nyala lampu di tahap ini, tidak perlu berjejer berurutan, terserah kamu dan bagaimana strategimu untuk mempersulit lawanmu memenangkan permainan.
  • Ambil benda kesayanganmu yang sudah disiapkan, dan taruh di ruangan mana saja yang kamu inginkan untuk memanggil lawanmu. Jika kamu menaruhnya di ruangan dengan mati lampu, maka kondisi kemenangan untuk lawanmu akan “lights out” atau mati lampu, dan sebaliknya.
  • Ambil selembar kertas apa aja dan tuliskan sebuah keinginanmu di situ. Ini adalah hadiah yang kamu minta dari lawanmu jika kamu menang. Kamu bisa meminta apa saja, kekayaan, kemewahan, mobil, rumah, atau hal-hal abstrak seperti cinta, lulus ujian, dan lain-lain. Namun jangan serakah, tulislah sesuatu yang menurutmu sepadan dengan kesulitan permainan ini, karena meminta sesuatu yang berlebihan akan membuat lawanmu menjadi jauh lebih kuat pula. Bawa kertas tersebut dan taruh di ruangan di mana kamu ingin memulai permainan. Jika kamu menaruh benda kesayanganmu di ruangan mati lampu, maka kamu harus memulai di ruangan nyala lampu, dan sebaliknya.

Koridor memang tidak termasuk “ruangan”, namun lampunya tetap harus dihitung dalam permainan! Tak hanya lampu koridor, tapi juga lampu lain seperti lampu meja dan lampu malam pun harus dihitung juga.

  • Kini kamu harus memulai ritual untuk memanggil lawanmu. Ritual ini harus dilakukan di ruangan di mana kamu ingin lawanmu muncul. Sayangnya, di beberapa jurnal yang saya cari, tak ada yang mendetailkan kata-kata yang harus kamu gunakan untuk memanggil lawan ini datang, yang ditujukan untuk menghalang-halangi mereka yang hanya ingin bermain karena iseng. Konon katanya jika kamu memang benar-benar butuh memainkan ritual ini demi mendapatkan sesuatu yang sangat kamu inginkan, kamu akan menemukannya sendiri. Kamu bisa mencoba-coba sendiri, bereksperimen dengan kata-kata seperti, “I want to play the Lights Out” beberapa kali.
  • Setelah itu, kamu punya waktu 60 detik untuk kembali ke ruangan tempat kamu menaruh kertas, atau ritual akan gagal dan kamu harus mengulangi persiapanmu lagi. Jika kamu berhasil, seluruh lampu di arena permainan akan berkedip sekali. Ini pertanda lawanmu sudah datang. Jika lampu berkedip beberapa kali, itu tandanya kelistrikan di rumahmu ada masalah, dan kamu harus mengulangi persiapan lagi.

Bagaimana dengan para penggemar judi? Apakah ingin mencoba bermain Poker dengan para makhluk gaib? Tentu saja, taruhannya adalah darah dan airmata…

  • Begitu lampu berkedip, kamu harus segera lari, lari sekencang-kencangnya, ke ruangan-ruangan gelap lain dan menyalakan semua lampunya. Kamu juga akan melihat ruangan-ruangan yang sudah kamu nyalakan lampunya bakalan mati lampu. Tidak usah khawatir, ini tandanya lawanmu sedang bergerak. Secepat mungkin kamu harus menyalakan lagi lampu-lampu yang dia padamkan. Saya sarankan kamu menyelesaikan permainan di bawah 10 menit, atau lawanmu akan menjadi semakin cepat. Laporan dari yang nekad bermain selewat jam 2 malam bahkan menyatakan lawanmu ini bisa mematikan beberapa lampu sekaligus hanya dalam jarak beberapa detik.
  • Kamu akan tau permainan sudah berakhir ketika semua lampu di arena permainan berkedip sekali lagi. Tergantung kondisi, apakah semua mati lampu atau nyala lampu, kamu akan berada di dalam kegelapan atau situasi terang benderang (beberapa pemain mencoba mengakali permainan ini dengan memilih mati lampu sebagai kondisi kemenangan mereka, kemudian bermain di area yang sering mati lampu dan sedang hujan badai untuk meraih kemenangan yang gampang).
  • Kembalilah ke ruangan tempat kamu memulai. Jika kamu menang, kamu akan melihat kertas yang kamu tulis tadi sudah lenyap. Kamu akan mendapatkan keinginanmu, namun bukan dengan cara yang instant! Kesempatan yang tak kamu bayangkan akan terbuka untukmu. Jika kamu meminta kekayaan, bisa saja tiba-tiba kamu diberi kenaikan gaji, atau mendapatkan proyekan bernilai besar, atau mendapatkan rekan bisnis baru. Jika kamu meminta cinta, bisa saja orang yang kamu sukai tiba-tiba jadi sering bertemu denganmu. Kamu tetap harus berusaha untuk memanfaatkan kesempatan yang sudah diberikan kepadamu.
  • Jika kamu kalah, hmmm, berhati-hatilah. Tak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi jika kamu kalah. Salah satu laporan menyatakan seorang wanita tergolek di bawah tangga rumahnya dengan kondisi leher patah, walaupun tak ada yang tahu apakah ini terjadi karena dia kalah bermain, atau karena kepleset ketika permainan berlangsung. Ada juga beberapa yang tidak ada laporan lagi setelahnya dan masuk daftar orang hilang. Sebuah teori populer menyatakan mereka yang menghilang ini terjebak di dalam dunia Lights Out selamanya dan akan menjadi lawan yang nantinya akan dipanggil oleh pemain Lights Out berikutnya…

Lampu bohlam yang satu ini terkenal sebagai “lampu bohlam tertua di dunia”, dan sudah menyala sejak tahun 1901.

SEJARAH RITUAL PERMAINAN MATI LAMPU

Sejarah apa, mengapa, dan di mana munculnya ritual mati lampu ini tidak jelas, namun anekdot tentang orang-orang yang memainkan ritual ini pertama kali muncul sejak tahun 1880, di mana bola lampu mulai populer dikomersialkan dan kota-kota besar di dataran Eropa dan Amerika mulai dihiasi nyala terang benderang di malam hari. Di Asia sendiri jarang ditemukan laporan tentang pemain Lights Out.

Sayangnya sejak tahun 1950-an permainan mati lampu ini menjadi tidak populer dan jarang dimainkan. Perlahan, ritual ini menghilang dari muka publik, dan hanya eksis di deep web dan komunitas neo-paganisme. Jika kamu seorang pemberani, mengapa tidak mencoba menelusuri dalamnya deep web dan mencoba menemukan ritual Lights Out ini secara lengkap dan memainkannya…?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *