The Snowman Ritual – Meraih Kemakmuran dari si Manusia Salju

Ritual yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan kemakmuran dan kesejahteraan, namun sayangnya hanya bisa dilakukan di negara yang memiliki musim salju, karena salah satu syaratnya kamu harus membangun manusia salju. Hm, sayang banget, deh! Tapi jangan kuatir, kalo kamu kebetulan lagi jalan-jalan keliling Eropa atau negara mana aja yang kebetulan lagi bersalju, kamu bisa banget kok melakukan ritual ini.

Catatan terawal tentang The Snowman Ritual ini berasal dari abad ke-4 di daerah Scythia (sekarang Ukraina dan sebagian Rusia selatan), namun beberapa aspek ritual yang populer di zaman modern sudah dimodifikasi agar memudahkan para pencari kemakmuran untuk melakukannya. Tradisi awal ritual ini menyarankan ritual dilakukan di malam Tahun Baru atau di saat Winter Solstice (hari di mana matahari berjarak paling jauh dari bumi di tahun tersebut, hari ini akan terjadi dua kali dalam setahun), namun pada praktek modern banyak laporan yang menyatakan hari apa saja di musim dingin juga tidak masalah, asalkan semua syaratnya terpenuhi.

Apa aja syarat dan persiapannya? Without further ado, let’s dig in.


Tenang saja, Snowman yang akan kita buat nanti nggak akan sengeri ini.

Danger Level = Low

What you need =

  • Dua batang kayu, bisa dari dahan, atau kayu bakar, tapi harus asli dari pohon dan bukan berupa produk jadi. Kalau kamu bisa ngedapetin dahan yang cukup panjang, tebal, dan ujungnya masih ada ranting-rantingnya, lebih bagus lagi.
  • Karet gelang atau benang tebal yang cukup panjang.
  • Daun kering, siapkan agak banyakan.
  • Minyak nabati, seperti minyak kepala, minyak canola, dan minyak lainnya yang 100% terbuat dari tumbuhan. Kamu bisa pake minyak goreng juga asalkan syarat nabati ini terpenuhi.
  • Material dari hewan apa saja, seperti bulu atau kulit, siapkan agak banyakan juga.
  • Darah hewan apa saja.
  • Gunting dan jarum.

How to play =

  • Sebelum memulai, kamu harus menunggu sampai hari di mana salju menumpuk tebal, minimal 7 cm tebalnya, dan suhu udara rata-rata harus mencapai di bawah nol derajat. Suhu udara rata-rata ini harus terus tercapai selama 3 hari ke depan, sampai ritual selesai dengan sempurna. Jika syarat ini tidak terpenuhi, ritual tidak akan bisa berhasil, walaupun dilakukan di hari Tahun Baru.
  • Jika kamu sudah menemukan hari tersebut, segeralah pergi ke pojok halaman rumah tempatmu tinggal (atau menginap kalau kamu lagi jalan-jalan) dan buatlah manusia salju (atau Snowman) yang gede, minimal setinggi kamu sendiri. Kalo kamu nggak sanggup bikin sendiri, boleh juga minta tolong teman atau saudara rame-rame. Pastikan si manusia salju ini menghadap ke luar halaman, bukan menghadap ke arah rumahmu apalagi jendela kamar tidurmu. Tancapkan kedua dahan kayu yang sudah disiapkan untuk membentuk tangan si manusia salju di sisi kanan dan kirinya, tapi jangan dikasih muka, ya! Ini bagian untuk nanti. Tugas ini harus kamu selesaikan ketika hari masih siang.

Kalau kamu bisa mendapat dahan yang ujungnya bercabang seperti ini, lebih bagus lagi. Cabang-cabang ini melambangkan jari-jari si Manusia Salju.

  • Setelah matahari terbenam, ambil minyak nabati, dedaunan kering, dan karet gelang. Berdirilah di depan si manusia salju, kemudian dengan karet gelang (atau benang tebal), ikatkan dedaunan tersebut ke tangan kiri si manusia salju.
  • Celupkan ujung jarimu ke dalam minyak, kemudian tekankan jari yang sudah teroles minyak ke sisi kiri area wajah si manusia salju, untuk membentuk mata kirinya. Sambil melakukan ini, kamu harus mengucapkan puisi di bawah ini:
 Snowman, snowman
 See my land
 Hallowed soil on which we stand 
 Snowman, snowman
 Bless my home
 Guide me back if I e'er roam 
  • Kembalilah ke rumahmu. Kunci semua pintu dan tutup semua korden jendela. Kamu harus tidur sebelum tengah malam datang. Jika di tahap ini kamu mendengar suara langkah kaki yang berat, JANGAN MENCOBA MENGINTIP KELUAR ATAU MENCARI SUMBER SUARA TERSEBUT! Ini adalah suara langkah kaki si manusia salju yang sedang menilai seantero rumah dan tanahmu.
  • Jika keesokan harinya si manusia salju ini tetap berada di posisi semula, selamat! Tahap awal sudah berhasil. Kamu akan diberi keselamatan selama satu tahun ke depan. Namun jika ia berpindah posisi, berhati-hatilah! Catat posisi tempat pindahnya, karena di daerah dekat situ, kamu akan mengalami kesialan. Jika si manusia salju ini hilang padahal saju masih belum mencair, SEGERALAH PINDAH DARI SANA. SECEPAT MUNGKIN. Jika suhu udara di hari tersebut meninggi sehingga salju (beserta si manusia salju) mencair, ritual otomatis gagal.
  • Jika tahap awalmu sudah berhasil, kamu bisa melanjutkan ritual di hari berikutnya. Setelah matahari terbenam, keluarlah lagi dan ikatkan bulu atau kulit hewan ke tangan kanan si manusia salju. Seperti hari sebelumnya, celupkan jarimu ke darah hewan dan buatlah bagian mata kanan si manusia salju, kali ini sambil mengucapkan:
Snowman, snowman
See my herd
Pet and cattle, fish and birds
Snowman, snowman
Bless my flocks
Grow them grass from thorns and rocks

Dedaunan kering gampang ditemukan di musim salju. Kalau tidak ketemu, bisa juga menggunakan rumput-rumputan kering atau dahan kering.

  • Kembalilah ke rumahmu. Kunci semua pintu dan tutup semua korden jendela. Kamu harus tidur sebelum tengah malam datang. Jika di tahap ini kamu mendengar suara langkah kaki yang berat, JANGAN MENCOBA MENGINTIP KELUAR ATAU MENCARI SUMBER SUARA TERSEBUT! Ini adalah suara langkah kaki si manusia salju yang sedang menilai seantero rumah dan tanahmu.
  • Jika keesokan harinya si manusia salju ini tetap berada di posisi semula, selamat! Tahap kedua sudah berhasil. Kamu akan diberi kesehatan selama satu tahun ke depan, termasuk hewan peliharaanmu dan jika kamu memiliki peternakan. Jika kamu terbangun di pagi baru dan kamu melihat ada genangan air di dekat sesuatu milik hewan peliharaanmu, seperti di dekat kandang anjingmu, misalkan, berhati-hatilah! Lebih baik kamu sering-sering memeriksakan peliharaanmu ke dokter hewan. Jika si manusia salju ini hilang padahal saju masih belum mencair, bersiaplah mengucap selamat tinggal kepada hewan kesayanganmu. Jika suhu udara di hari tersebut meninggi sehingga salju (beserta si manusia salju) mencair, ritual otomatis gagal.
  • Jika tahap kedua berhasil, kamu bisa melanjutkan ritual. Setelah matahari terbenam, keluarlah lagi membawa gunting dan jarum. Dengan jarum, lukai jarimu sampai meneteskan darah. Oleskan darah tersebut membentuk garis lurus di tempat di mana mulut si manusia salju seharusnya berada, kemudian potong beberapa helai rambutmu dan masukkan ke area mulutnya. Sambil melakukan ini, kamu harus mengucapkan:
Snowman, snowman
See my breath
Drawing ever unto death
Snowman, snowman
Bless my heart
Judge me whole and hence depart
  • Kembalilah ke rumahmu. Kunci semua pintu dan tutup semua korden jendela. Kamu harus tidur sebelum tengah malam datang. Jika di tahap ini kamu mendengar suara langkah kaki yang berat atau merasakan ada suhu dingin di dekatmu, JANGAN MENCOBA MENGINTIP ATAU MEMBUKA MATAMU! Ini adalah suara langkah kaki si manusia salju yang sedang berdiri di samping tempat tidurmu.

Cara paling gampang untuk mendapatkan bulu hewan adalah dengan membeli kemoceng bulu ayam. Harganya murah dan kamu bisa mencabut beberapa lembar bulunya untuk digunakan dalam ritual.

  • Jika keesokan harinya kamu masih terbangun, selamat! Kamu berhasil menyelesaikan ritual dan akan diberi kesehatan serta kemakmuran selama satu tahun ke depan. Jika tidak berhasil, jangan khawatir… karena kamu tidak akan pernah terbangun lagi.
  • Jika kamu masih hidup, sebelum matahari terbenam pergilah ke tempat si manusia salju berada. KALI INI JANGAN BERDIRI DI HADAPANNYA! Dari belakang, hancurkan manusia salju yang sudah kamu buat dan tebarkan saljunya ke seantero halamanmu serata mungkin. Hancurkan dahan kayu yang dijadikan bagian tangan beserta dedaunan kering dan material hewan sampai menjadi pecahan-pecahan kecil. Pastikan tidak ada sedikitpun bekas manusia salju tersebut yang masih tersisa di kebunmu. Ritual selesai dan selamat menikmati keberuntunganmu selama setahun ke depan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *